Diklat Dasar-Dasar Perencanaan dan Penganggaran Kementerian PPN/Bappenas Tahun 2019

Kementerian PPN/Bappenas bersama dengan LPEM FEB UI menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Dasar-Dasar Perencanaan dan Penganggaran (DDPP) Tahun 2019. Pelatihan yang sudah berlangsung sejak tahun 2010 ini bertujuan untuk membekali Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Bappenas untuk pemahaman seputar empat topik, yaitu 1) konsep dasar perencanaan dan penganggaran, 2) metode analisa dalam perencanaan, 3) sikap dan perilaku, dan 4) keterampilan teknis perencanaan.

Rangkaian kegiatan pembekalan ini akan dilaksanakan selama dua minggu (25 Februari-8 Maret 2019) yang diikuti oleh 69 peserta dari berbagai Direktorat dan Kedeputian Kementrian PPN/Bappenas. Pembukaan diklat pada tanggal 25 Februari 2019 diresmikan oleh Bapak Dr. Ir. Taufik Hanafi, MUP. selaku Deputi Pemantauan, Evaluasi, dan Pengendalian Pembangunan, yang didampingi oleh Bapak Khoirunurrofik, MA.,MPM,Ph.D selaku Wakil Kepala LPEM FEB UI Bidang Diklat, dan Bapak Thohir Afandi, S.Pd., MPA sebagai Kepala Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Kementerian PPN/Bappenas di Lantai 7, Gedung Ali Wardhana.

Setelah Pembukaan, Deputi Pemantauan, Evaluasi, dan Pengendalian Pembangunan menyampaikan kuliah umum dengan materi Peran Bappenas dalam Perencanaan dan Pembangunan Nasional. Dalam sesi ini, peserta mendapatkan pemaparan tentang perencanaan pembangunan yang termasuk di dalamnya pemetaan pelaksaan tugas dan fungsi Kementerian PPN/Bappenas hingga output pelaksanaan perencanaan dan pengendalian. Dalam kesempatan tersebut, Bapak Deputi menekankan bahwa peran perencanaan pembangunan tidak dapat terlepas dari aspek non-fisik seperti sosial budaya serta pendidikan dan kesehatan. Selain itu, dipaparkan pula bahwa peran Kementerian PPN/Bappenas secara luas diharapkan dapat menghasilkan perencanaan pembangunan jangka menengah dan jangka panjang, formulasi dan implementasi kebijakan percepatan pembangunan, formulasi dan implementasi kebijakan pembangunan nasional termasuk peningkatan kapasitas daerah, dan sistem regulasi monitoring, evaluasi, dan pengendalian

Di sesi sebelumnya, peserta juga telah mendapatkan kuliah umum mengenai Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (SPPN) yang disampaikan oleh Bapak Ir. Jadhie Judodiniar Ardajat, M.Si.  Perencana Utama Kementerian PPN/Bappenas. Dalam rangka mendapatkan hasil pembalajaran yang optimal, Diklat Dasar-Dasar Perencanaan dan Penganggaran Tahun 2019 ini menerapkan sistem pembelajaran yang komprehensif dan interaktif. Di luar pembelajaran dalam ruang kelas, peserta juga ditugaskan untuk menyusun makalah perencanaan terkait ruang lingkup perencanaan pembangunan. Kegiatan ini diharapkan dapat mendorong kemampuan peserta dalam menyiapkan diri untuk menjalankan peran dan tugas masing-masing direktorat di Kementerian PPN/Bappenas.

https://rekrutmen.unand.ac.id/css/ https://feb.uki.ac.id/img/spulsa/ https://fkip.unsulbar.ac.id/wp-includes/js/sdana/ https://besadu.belitung.go.id/storage/ttd/ https://fateta.ilearn.unand.ac.id/icon/ https://fateta.ilearn.unand.ac.id/pix/ https://simpuh.tegalkab.go.id/link-maxwin/ https://dlhk.kukarkab.go.id/css/