Metode Analisis dan Penulisan Ilmiah

 

Aspek penting dari proses ilmiah adalah proses analisis dan pelaporan hasil baru dalam jurnal ilmiah untuk menyebarkan informasi ke komunitas yang lebih besar dari para ilmuwan. Mengkomunikasikan hasil penelitian ilmiah berkontribusi pada pengetahuan yang ada, dan menyediakan pengetahuan ilmiah untuk penelitian masa depan. Menemukan metode yang tepat untuk menganalisa data maupun mengkomunikasikan hasil penelitian di jurnal yang telah di peer reviewed  adalah keterampilan prasyarat untuk setiap peneliti atau pembuat kebijakan. Pendidikan dan pelatihan LPEM FEB UI di bidang Metode Analisis Penulisan Ilmiah ini dirancang untuk membantu para profesional negeri maupun swasta, dan para peneliti untuk meningkatkan keterampilan untuk secara efektif merancang metode analisis yang akan digunakan serta mengkomunikasikan penelitian yang dilakukan. Terdapat dua sub tema dalam bidang pendidikan dan pelatihan ini, yaitu:

Metode Analisis Kuantitatif

Subtema pendidikan dan pelatihan LPEM FEB UI dalam metode analisis kuantitatif bertujuan untuk membekali peserta dengan pengetahuan dan keterampilan untuk merancang, melakukan dan menafsirkan penelitian kuantitatif. Topik pelatihan dalam sub-tema ini meliputi:

  • Statistika Dasar dan Lanjutan (5-10 hari)
  • Ekonometrika Dasar dan Lanjutan (5-10 hari)
  • Analisis Data dengan Stata (3 hari)
  • Analisis Data dengan Eviews (3 hari)
  • Analisis Data dengan SAS (3 hari)
  • Computable General Equilibrium (3 hari)
  • Analisis Input-Output dan Social Accounting Matrix (3 hari)

Metode Penulisan Ilmiah

Dari buku ke blog, terdapat banyak cara untuk mengkomunikasikan ide dan menulis cerita yang menarik tentang ilmu pengetahuan. Subtema ini akan menyediakan pelatihan dan pendidikan praktis untuk menulis secara ilmiah, menawarkan para peserta kesempatan untuk belajar dan melatih keterampilan, mengembangkan ide dan menerima panduan dalam pekerjaan. Sub tema ini fokus pada cara-cara membuat ide-ide rumit mudah dimengerti. Pelatihan ini cocok bagi yang tertarik dalam jurnalisme ilmiah, atau untuk menulis buku tentang cabang ilmu apa pun, dan khususnya bagi para ilmuwan  atau pembuat kebijakan yang ingin meningkatkan keterampilan menulis mereka untuk mengkomunikasikan karya mereka sendiri ke khalayak non-spesialis. Topik pelatihan dalam sub-tema ini meliputi:

  • Metode Penelitian Ilmiah (5 hari)
  • Metode Penulisan Karya Ilmiah (3 hari)
  • Metode Penulisan Laporan Kebijakan/Policy Paper (3 hari)
Share this: