Ekonomi, Sosial, dan Kebijakan Publik

 

Sebagai salah satu lembaga penelitian dan diklat terbaik di bidang ekonomi dan sosial di Indonesia, LPEM- FEB UI juga menyelenggarakan berbagai diklat di bidang ekonomi, sosial, dan kebijakan publik sesuai dengan kebutuhan dan permintaan pihak ketiga, baik dari pemerintah maupun sektor swasta. Lama waktu diklat berkisar antara 3 sd 10 hari. Diklat di bidang ekonomi, sosial, dan kebijakan publik mempunyai 3 sub tema, yaitu sub tema ekonomi, sosial, dan kebijakan publik.

Ekonomi

Pada sub tema Ekonomi, para peserta akan mengidentifikasi pengaruh dalam ekonomi nasional, ekonomi industri, serta ekonomi internasional, dan mempertimbangkan peran kebijakan pemerintah. Para peserta juga akan mempelajari berbagai perspektif dalam makroekonomi dan nilai model dalam interpretasi dan prediksi. Masalah akan dibahas dalam kelompok untuk memungkinkan pembelajaran partisipatif dan peserta akan menerapkan teori makroekonomi untuk memberikan solusi pada masalah di dunia nyata.. Topik pelatihan dalam sub-tema ini meliputi:

 Sosial

Ilmu sosial merupakan sub tema yang berhubungan dengan perilaku sosial manusia. Ini dapat juga didefinisikan sebagai studi tentang asal-usul, organisasi, lembaga, dan pengembangan masyarakat dan manusia. Sub tema ini adalah bagian dari ilmu sosial dan bertujuan untuk memperoleh pengetahuan tentang faktor sosial manusia dengan melakukan analisis empiris dan kritis melalui teknik kualitatif dan kuantitatif, interpretatif, hermeneutik dan pendekatan filosofis. Bidang studi melihat ke dalam faktor-faktor seperti penyimpangan, stratifikasi sosial, kelas sosial, budaya, mobilitas sosial, hukum dan agama dan mengembangkan pengetahuan ilmiah. Topik pelatihan dalam sub-tema ini meliputi:

Kebijakan Publik

Hampir semua aktivitas warga negara dipengaruhi oleh kebijakan pemerintah, dan pemerintah menempatkan penekanan khusus pada kebijakan ekonomi. Karena itu, kebijakan publik sering dianggap menonjol dalam perdebatan politik dan berita. Namun, hanya sedikit orang yang memiliki pengetahuan untuk dapat mengevaluasi kebijakan dan alternatifnya. Sub tema pendidikan dan pelatihan ini mencakup beberapa pertanyaan paling penting tentang tujuan dan alat kebijakan ekonomi, mulai dari kebijakan persaingan dan peraturan untuk kebijakan industri, dari pilihan pembelanjaan publik hingga menggabungkan perilaku nudge dalam keputusan kebijakan. Ini mencakup peran negara versus pasar, dan tanggung jawab pemerintah untuk keberlanjutan. Topik pelatihan dalam sub-tema ini meliputi:

Share this: